Sunday, April 10, 2011

Yuk Kita Ganti "Cape Deh" dan "EGP"

Kalimat "Cape Deh" dan "Emang Gue Pikirin", sudah menjadi kalimat yang umum diucapkan. Malah untuk "Emang Gue Pikirin" sudah ada singkatannya, EGP, yang semua orang sudah langsung mafhum. Kedua kalimat itu begitu ringan diucapkan, namun sebenarnya jika ditelaah lebih jauh, merefleksikan sikap umum orang Indonesia, yang sayangnya negatif.

Mohon maaf sebelumnya untuk yang sering mengucapkan ya.. Saya juga kadang-kadang mengucapkan, tapi mudah-mudahan ke depan bisa dihilangkan :-)

"Cape Deh" mencerminkan sikap malas, menghindari pekerjaan, berkontribusi minimal (tapi mengharap hasil maksimal), mudah menyerah, dan tidak bersemangat. Dan memang demikian pada umumnya sikap orang Indonesia. Kalau ada pembagian tugas, cenderung memilih yang ringan, lalu bisa cepat istirahat. Kalau ada pekerjaan, dihadapi dengan setengah hati, dikerjakan sekenanya, lalu segera istirahat. Orang Indonesia cenderung tidak memandang bekerja sebagai hal yang terhormat. Bekerja dianggap melelahkan, berkonotasi kalangan bawah. Kalangan atas bersantai dan dilayani.

"Emang Gue Pikirin", menunjukkan sikap apatis, tidak peduli, juga ada unsur malas, mementingkan diri sendiri, egois, dan oportunis, juga tidak punya rasa malu dan rasa bersalah. Hal ini mudah sekali terlihat di sekitar kita. Orang saling berebutan jalur di jalan, orang menyerobot di antrian, si kaya jor joran padahal di sekitarnya banyak orang yang kurang mampu.

Memang, saya yakin tidak semua orang Indonesia seperti itu. Namun, menjamurnya kalimat ini akan semakin memperluas sikap-sikap buruk tadi. Coba kita lihat lagi kalimat-kalimat lain yang sempat ngetop juga. Gubrak, Sumpe Lo, Jayus, Lebay, misalnya. Mana ya, yang berkonotasi produktif, membangkitkan semangat?

Oya ada satu yang bagus, yang dimasyarakatkan oleh Pandji, "Bisa!". Tapi sayangnya kurang bergaung menjadi bahasa gaul ya?

Yuk kita mulai, saya coba usul beberapa kalimat yang mudah-mudahan cukup "menjual" untuk jadi trend :-)
Semangat Jaya! (disampaikan kepada orang yang sedang kurang bersemangat)
Kerja Dooong! (diucapkan dengan bangga oleh seseorang yang sedang sibuk)
Malu Kalee! (diucapkan kepada orang yang melakukan kesalahan/pelanggaran)
Boleh Aaah! (diucapkan oleh seseorang yang sukses melakukan sesuatu, yang sering dianggap "lebay" oleh yang lain)

Kalau ada ide kata-kata lain, silakan digaungkan di pergaulan, diusulkan di sini juga boleh, nanti kita gaungkan di sini :-) Atau kalau punya teman yang selebriti atau tokoh masyarakat, bisa tolong dititipkan untuk menggaungkan :-) Mudah-mudahan diawali dengan kalimat-kalimat ringan, pelan-pelan kita bisa memperbaiki sikap seluruh bangsa Indonesia.

Wehehe.. Boleh aahh, bercita-cita setinggi langit :-) Kita sebagai orang tua, paling tidak bisa memulainya untuk anak-anak kita. Kalaulah orang-orang dewasa Indonesia sudah tidak bisa diubah, paling tidak kita punya harapan bahwa generasi mendatang akan lebih baik. Oke sementara itu dulu. Mungkin ada yang tanya, "Kok udahan?". Saya akan jawab, "Udah dulu ya. Boleh aah. Mau kerja doong. Masak email-emailan terus. Malu kaleee." :-)

2 comments:

  1. "cape deh" lebih menunjukkan sindiran kepada seseorang yang sulit diajak memahami suatu hal/masalah/metode/cara kerja seperti itu. jadi bukan bersifat keluhan karena cape kerja/malas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya. Jadi justru di sisi sebaliknya yaaa..

      Delete