Monday, September 20, 2010

Menghadapi Protes Anak ketika Makanan Favoritnya Habis :-)

Anak saya yang berusia sekitar dua tahun, termasuk anak yang suka makan. Banyak pilihan makanan yang dia suka.

Dan ketika dia suka suatu makanan, setiap habis di piringnya, dia akan minta lagi. Kita berikan lagi di piringnya, nanti habis lagi, dia minta lagi. Ketika dari panci sumbernya sudah benar-benar habis, dia akan menangis karena tidak bisa minta lagi.

Apakah Moms sering juga menghadapi masalah yang sama? :-)

Beberapa tahun lalu dari Pak Taufan Surana (sudah lama sekali saya tidak berinteraksi dengan beliau, semoga Allah senantiasa melindungi beliau), ada saran menghadapi marah anak. Yaitu, sampaikan segala sesuatu, segala konsekuensi, beberapa waktu sebelum akan terjadi. Jangan sampaikan segala sesuatu secara tiba-tiba.

Jadi dalam kasus makanan habis ini, ketika masih tersisa sekitar 3-4 potong, kita sampaikan, ”Nak, sekarang tinggal 4 potong ya, nanti kalau habis, kita makannya selesai ya.” Demikian seterusnya sampai ketika makanan tersebut benar-benar habis, anak kita sudah siap.

Itu cara pertama.

Namun cara ini kadang-kadang juga tidak efektif. Begitu kita sampaikan bahwa nanti akan habis, anak sudah terlanjur marah :-)

Ada cara kedua :-)

Di sini kita gunakan sisi psikologis anak yang senang dengan keberhasilan dan pencapaian.

Maka kita buat situasi, seolah-olah menghabiskan makanan itu adalah prestasi buat dia. Jadi kita sampaikan ”Wah, Adik sudah banyak nih makan wortelnya! Sekarang tinggal 3 lagi, sebentar lagi habis! Horeeee!” Dan kita bersorak seheboh-hebohnya, ketika wortel itu benar-benar habis :-) Biasanya anak lalu menjadi sangat gembira, dan lupa bahwa dia mau minta lagi :-)

Tapi cara ini bisa juga tidak efektif. Mirip dengan yang tadi, ketika kita bilang bahwa akan habis, dia juga sudah terlanjur marah :-)

Solusi terakhir?
Ketika dia tetap marah dengan dengan kedua metode tadi, kita gunakan metode klasik, mengalihkan perhatian ke hal lain :-)

Demikian Moms, semoga bermanfaat ya :-)

No comments:

Post a Comment