Tuesday, January 11, 2011

Blackberry-ku Untuk-Mu

Beberapa hari terakhir ini sedang ramai pembahasan rencana blokir RIM dan Blackberry oleh Menkominfo, beserta serentetan pro kontranya.

Saya tidak akan membahas pemblokiran itu :-)

Blackberry sekarang sudah seperti jadi “daging tumbuh” yang selalu kita bawa ke mana-mana. Bahkan ke toilet pun ada sebagian (besar) orang yang membawanya :-)
Nah, alangkah indahnya kalau Blackberry yang selalu kita bawa itu bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1. Install Al Qur’an.
Link-nya http://www.guidedways.com/mobile/uquran/mobile_quran_reciter.php
Sebaiknya tidak ada hari tanpa membaca Al Qur’an. Maka, dengan adanya Al Qur’an di Blackberry, kita bisa baca Al Qur’an kapan saja dan di mana saja. Bagi yang sedang menghafalkan Al Qur’an, aplikasi ini juga sangat membantu. Walaupun letaknya tidak sama dengan Al Qur’an pojok, tetapi bisa dimanfaatkan untuk mengingat di saat kita memerlukan.

2. MP3 Murratal Al Qur’an.
Agar telinga kita terbiasa dengan Al Qur’an, dengan MP3 Murratal Al Qur’an ini, kita bisa sering-sering mendengar murratal Al Qur’an, yang insya Allah juga sangat membantu untuk yang menghafal.

3. Aplikasi pengingat waktu shalat.
Saya sendiri nggak pasang aplikasi ini, nggak muat memorinya :-)
Akhirnya saya hanya save saja link bookmark waktu adzan, yang bagus sekali, selalu di-update : http://www.pkpu.or.id/adzan.lite.php?id=83

4. Twitter. Tapi kita harus pilih orang yang kita follow, agar kita hanya mengikuti tweet yang bermanfaat. Facebook, saya tidak install, karena facebook lebih banyak untuk ngobrol-ngobrol ngalor ngidul, yang bisa kita lakukan kapan-kapan via web.

5. Alarm dan reminder untuk berbagai target dan rencana kita. Misalnya, rencana untuk menghafal Al Qur’an, membaca doa pagi dan sore, rencana untuk puasa sunnah, dan alarm untuk bangun pagi.

6. Mencatat muhasabah diri.
Setiap hari kita bisa catat apa saja amalan rutin yang kita sudah kita lakukan setiap hari, dan melakukan evaluasi perbaikannya.

7. Mencatat ceramah yang kita hadiri.
Kadang kita hadir ke pengajian, tetapi lupa tidak membawa catatan, padahal materinya sangat bagus. Dengan Note di Blackberry, kita bisa langsung catat, dan nantinya bisa segera di-copy paste ke email, blog, dan sebagainya.

Subhanallah, sebenarnya banyak sekali manfaat dari Blackberry untuk mendekatkan diri pada Allah yaa.. Semoga kita bisa mengoptimalkannya dan dijauhkan dari penggunaan yang sia-sia.. :-)

No comments:

Post a Comment