Monday, January 10, 2011

Al Qur'an Hafalan

Sekedar informasi, mungkin ada yang penasaran dan siapa tahu berminat. Saya nggak jual produknya, silakan dicari di toko buku terdekat :-)

Beberapa hari yang lalu saya beli Al Qur’an Hafalan, dari Penerbit Al Mahira.

Insya Allah (katanya) sangat membantu untuk menghafal. Setiap awal ayat font-nya warna merah. Dan di sampingnya ada "contekan" awal ayat.

Berikut fotonya yaa..

Harganya murah, Rp 75rb, Insya Allah sangat murah sebagai investasi akhirat.. :-)

Sebenarnya, untuk menghafalkan Al Qur’an, tidak perlu Al Qur’an khusus. Berikut beberapa ”syarat” Al Qur’an untuk menghafal, seperti yang diinfokan oleh teman saya, sebagaimana disampaikan oleh guru tahfizh kami, Cak Amin.

1. Menggunakan 1 Al Qur’an tetap, tidak berganti-ganti, untuk memudahkan kita mengingat letak-letak ayatnya. Jadi sebaiknya kita punya Qur’an khusus untuk menghafal.

2. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

3. Al Qur-an sebaiknya Al Qur’an pojok yang letak-letak ayatnya sudah standar di seluruh dunia. Ayat selalu berawal di awal halaman dan berakhir di akhir halaman. Silakan dicek di Al Qur’an nya masing-masing. Setelah surat Al Fatihah, halaman berikutnya adalah surat Al Baqarah ayat 1-5, halaman berikutnya Al Baqarah ayat 6-16, halaman berikutnya lagi ayat 17 – 24. Jika susunannya demikian, berarti Al Qur’an pojok. Penerbitnya bisa apa saja, bisa berwarna ataupun tidak.

Jika kita bandingkan ”persyaratan” ini Al Qur’an Hafalan tadi, maka berikut ini analisisnya :

1. Dengan punya Al Qur'an Hafalan, kita jadi punya 1 Al Qur’an khusus untuk menghafal. Di mana untuk letak-letak ayat, telah dibantu dengan warna merah pada awal ayat plus contekan di pinggir. Secara visual, kita akan semakin terbantu dalam menghafal.

2. Ukuran Al Qur'an Hafalan ini standar, sama besar dengan Al Qur'an terjemah yang warna merah marun, sekitar 15 x 20 cm. Tapi memang masih "agak besar" untuk dibawa ke mana-mana. Perlu tas khusus supaya tidak terlalu menyolok :-)

3. Formatnya Al Qur'an pojok. Dengan ayat Al Baqarah 1-5, 6-16, dan 17-24, dst.

Silakan dipertimbangkan, semoga Allah memudahkan kita dalam menghafal Al Qur’an, dengan Al Qur’an manapun yang menjadi pilihan kita.

No comments:

Post a Comment